Wednesday 12 December 2018

Cara Agar Anak Shalat Tanpa Terpaksa

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Setiap kita Orang Tua yang memiliki anak tentu menginginkan mereka taat beribadah kepada Tuhannya, yaitu Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى. Hal ini sangat penting karena anak adalah titipan amanah yang diberikan Allah dan setiap kita akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di akhirat, terlebih sebagai seorang Ayah yang menjadi pemimpin di keluarganya sesuai bunyi hadist:


...أَلَا كُلُّكُمْ رَاعٍ , وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
Ketahuilah setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpin..." (HR. Bukhari no. 7138)

Lantas kapan seoang anak diminta melakukan shalat? Alhamdulillah Islam sudah mengajarkan secara lengkap, perhatikan hadist dibawah:
مُرُوا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ
مُرُوا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ
“Suruhlah anak-anakmu melakukan shalat di waktu dia berumur tujuh tahun, dan pukullah mereka kalau sudah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidur di antara mereka (maksudnya antara anak laki-laki dan perempuan)”. (HR. Abu Daud)


Namun karena ketidaktahuan kita dalam mendidik anak menyebabkan mereka lalai melakukan shalat bahkan enggan. Oleh karenanya, Ayah Engineer ingin sharing dari ilmu yang didapatkan dari fb: Annisa Nurul Arifah dalam rangka mencapai tujuan sesuai judul artikel ini. Disini Ayah Engineer ingin menegaskan bahwa artikel ini hanya sebagai informasi yang perlu dibagi dan bukan menunjukkan bahwa Ayah Engineer adalah seorang yang ahli agama.


Langsung kita cek apa saja point yang perlu kita perhatikan, yang terangkum dalam Materi Prasyarat Bab Ibadah. Karena dalam hadist disebutkan 7 tahun sudah mulai diterapkan shalat, maka sebaiknya dari sedini mungkin sekitar 2 tahunan mulai kita perkenalkan materi ini agar sang anak sudah dibekali dengan baik dan tentunya bertahap sesuai dengan daya pemahaman usianya. Berikut adalah Materi Prasyarat Bab Ibadah:

1. Mengenal Allah
2. Allah Maha Penyayang
3. Allah Maha Kuasa
4. Allah Maha Pelindung
5. Semua Makhluk Bertasbih
6. Mengenal Malaikat
7. Mengenal Syaithan
8. Mengenal Surga
9. Mengenal Para Nabi
10. Mengenal Nikmat
11. Semua Makhluk memiliki tugas
12. Tugas Manusia

1. Mengenal Allah
Sebelum membahasnya, mari kita mengandaikan bahwa kita disuruh oleh seseorang yang tidak dikenal untuk melakukan sesuatu buatnya. Otomatis dalam diri kita berfikir, ini orang siapa, gak kenal tapi kok seenaknya menyuruh kita. Nah itulah ilustrasi bahwa pentingnya Mengenal Allah. Seorang anak haruslah dikenalkan terlebih dahulu kepada Allah, sang Pemilik perintah shalat. Kenalkanlah siapa itu Allah? Seperti apa wujud-Nya? Apa sifat-sifat-Nya? Teknis mengenalkannya dengan belajar bareng anak tentang surat Al-Ikhlas bahwa Allah tidak sama dengan makhluk. Kita tunjukkan pula wujud dari beberapa makhluk, misal ayam, semut, daun, apel yang semuanya ciptaan Allah dan tidak ada satupun makhluk yang serupa dengan-Nya.

2. Allah Maha Penyayang 
Sudah menjadi fitrah manusia bahwa jika seseorang baik kepada kita, tentu kita tidak segan berbuat baik kepadanya. Begitu juga anak kita, kalau kita tanamkan bahwa Allah Maha Penyayang, tentu mereka akan melakukan shalat dengan senang hati karena Allah sayang kepada mereka. Cara penanamannya seperti apa? contoh saat mau makan, kita berdoa sama Allah dan bersyukur atas karunia yang diberikan sehingga kita bisa makan. Contoh lain, membeli baju baru, sepeda baru, dll.

3. Allah Maha Kuasa
Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, segala yang ada di langit dan bumi dalam kekuasaan Allah. Ceritakan kepada anak anda dan buat mereka merasa takjub terhadap kekuasaan Allah. Jika sudah seperti itu, anak kita akan merasa dirinya "bukanlah apa-apa" sedangkan Allah Maha Kuasa.

4. Allah Maha Pelindung
Ketika sang anak merasa "kecil" dihadapan Allah, maka selanjutnya kita tanamkan bahwa Allah Maha Pelindung, tidak ada yang bisa memberikan perlindungan selain-Nya. Dari sini anak sudah mulai belajar tentang berdoa dengan diaplikasikan kedalam gerakan shalat. 

5. Semua Makhluk Bertasbih 
Orang Tua mengenalkan kepada anak bahwa setiap makhluk seperti matahari, bulan, bintang, hewan, tumbuhan semuanya bertasbih, memuji keagungan Allah. Manusia diciptakan hanya untuk taat kepada Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى. Di dalam shalat, juga banyak bacaan pujian yang disematkan kepada Allah.

6. Mengenal Malaikat
Tujuannya agar si anak shalat bukan karena diawasi oleh kita, namun ada makhluk ciptaan Allah yang lain yang senantiasa mengawasi manusia. Oleh karena itu anak perlu tahu bahwa shalatnya dicatat oleh malaikat.

7. Mengenal Syaithan
Syaitan arti disini bukan seperti kuntilanak, genderuwo, tuyul dan lainnya, namun lebih kepada arti makhluk yang dapat membisiki yang buruk, perbuatan yang dilarang atau tidak disenangi Allah. Contoh, ketika anak kita tidak mau shalat, berarti ia sudah dibisiki oleh syaithan tidak perlu shalat dan harus tetap minta perlindungan kepada Allah.

8. Mengenal Surga
Kalau ini mudah-mudahan para orang tua sudah baik pemahamannya bagaimana mengenalkan surga kepada Anak-anak 😀

9. Mengenal Para Nabi 
Didalam shalat, ada 2 Nabi yang disebut, yaitu Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim. Jadi, sangat penting kita ceritakan kepada anak kita bahwa para nabi senantiasa patuh dan berdoa kepada Allah, tak lupa tentang kisah-kisah dan suri tauladan mereka dengan gaya bahasa yang mudah dicerna.

10. Mengenal Nikmat
Sebagian sudah disinggung sedikit di point no.2. Dari nikmat ini, anak akan semakin sadar bahwa Allah sangat sayang kepadanya maka shalatlah (QS Al-Kautsar).

11. Semua Makhluk memiliki tugas
Ciptaan Allah sangat banyak dan masing-masing memiliki tugasnya, contoh seperti Malaikat Ridwan yang senantiasa patuh menjaga pintu surga dll.

12. Tugas Manusia
Jika materi sebelumnya sudah lulus, berikutnya tanamkan bahwa tugas manusia adalah beribadah kepada Allah, salah satunya dengan shalat.

Jadi pertanyaan anak kenapa harus shalat? sepatutnya sudah tuntas dijelaskan dengan 12 materi diatas dan Insya Allah anak akan paham dan ikhlas dalam melakukannya. Berikanlah teladan yang baik dan teruslah senantiasa berdoa untuk anak-anak kita, sehabis shalat fardhu dan sunnah, ketika hujan dan di waktu-waktu mustajab lainnya agar anak-anak kita menjadi anak yang sholeh... Aaamiin

Foto: Doa (https://rumaysho.com)
     

No comments:

Post a Comment

Jadikan kolom komentar sebagai ajang silaturrahim dan juga wadah kritik dan saran yang membangun.