Thursday 27 December 2018

Resolusi dan Cara Buatnya

Assalamu'alaikum... Hallo!

source: discoveryisle.com
Tidak terasa sudah berada di penghujung tahun 2018, pastinya ada saja masa-masa bahagia, sedih, amazing, stagnan, atau apapun sesuatu yang kalian rasakan di tahun tersebut. Tapi coba kita merenung sedikit, untuk yang beragama Islam, kita diberikan suatu Surat di kitab Al-Qur'an yang bahkan Allah bersumpah atas nama Waktu, yep! kalian pasti tahu Surat itu, cukup pendek namun sangat mengena, yaitu Qur'an Surat (QS) Al-Ashr, Ayat 1 - 3 :

source: tuningadmin.blogspot.com
Jadi Allah menjelaskan bahwa ada tipikal manusia yang rugi, namun adapula yang beruntung. Siapakah yang beruntung itu? Manusia yang dapat memanfaatkan waktunya dengan beriman kepada-Nya, beramal sholeh (memberi sedekah, mengajar, membantu siapapun dalam kesulitan, dll) hanya mengharap ridho Allah Subhanahu wata'ala, mereka yang berpesan dalam kebenaran dan kesabaran. 

Sehubungan dengan peringatan Allah di atas, oleh karenanya kita perlu memperbaiki pribadi dari masa ke masa. Namun kebanyakan dari kita lalai, hidup mengalir apa adanya, terlena dengan rutinitas keseharian kita, tidak ada perbaikan, bahkan mungkin ada yang tidak tahu tujuan hidup ini sebenarnya apa... 😢

Baik, kita sebagai manusia memiliki akal dan hati nurani, sepatutnya kita gunakan untuk menjadi manusia yang lebih baik dan bernilai. Salah satu instrumen dalam rangka memperbaiki kehidupan kita adalah membuat Resolusi Tahunan. Mungkin dari sebagian kita pernah membuatnya, atau ada yang belum pernah ? Bagi yang belum pernah tidak masalah asalkan dia tahu hakikat kehidupannya seperti apa, senantiasa memiliki target dan cita-cita yang perlu dia capai dengan berusaha sebaik-baiknya. Namun manusia itu tempatnya lupa sehingga perlu kita tulis dalam bentuk catatan resolusi agar lebih fokus dalam mencapai target-target yang dibuat. Sekarang, bagaimana cara membuat Resolusi tersebut? 

source: liputan6.com
Sebaiknya, resolusi dibuat ketika akhir tahun dalam menyambut tahun selanjutnya, target yang ditulis diharapkan dapat tercapai dalam setahun yang akan datang. Penulis membuat di program Ms. Excell sehingga akan ada beberapa kolom. Kolom deskripsi kegiatan, kolom target, kolom cara untuk mencapai target, kolom waktu dan kolom hasilnya. Perlu diketahui, target yang dibuat haruslah realistis, semestinya kita sendiri bisa mengukurnya apakah target tersebut dapat dicapai dalam waktu setahun. Lalu seperti apa konten dari Resolusi itu sendiri?

1. Spiritual
Contohnya untuk yang beragama Islam, ingin shalat tahajjud minimal 2x dalam seminggu yang sebelumnya jarang sekali dilakukan, puasa senin-kamis min. 2x dalam sebulan, dsb.

2. Family
Bagi yang sudah berkeluarga misalnya, alokasikan waktu untuk liburan dalam 2 bulan sekali, bacakan buku anak sebelum anak tidur minimal 2x dalam seminggu, mengobrol dengan pasangan sebelum tidur selama 15 menit, dll.
 
3. Career
Ingin Naik jabatan atau naik gaji, tentu semua ini atas kuasa Allah, namun setidaknya kita mengetahui langkah-langkah untuk mencapai kesana. 
 
4. Personal
Mungkin ada yang perlu kita tingkatkan skill seperti skill memasak menu tertentu, skill mengoperasikan Adobe Photoshop, atau menambah postingan blog per minggu dari tahun sebelumnya. 

5. Ekonomi
Setiap tahun pastinya kita menginginkan ekonomi yang lebih baik, salah satu dari resolusi itu adalah mungkin kita bisa menambah tabungan kita per bulannya, misal dari 500ribu menjadi 700ribu dan itu tergantung kemampuan kita, bisa juga mulai ikut investasi. 
 
6. Sosial  
Jika diri kita ingin lebih bermanfaat lagi buat orang lain, mungkin dengan cara kita memberikan sarapan kepada seseorang atau beberapa orang setiap pagi semampu kita, atau kita ingin menjadwalkan berkunjung ke saudara/teman sekolah/teman kuliah/teman kerja/teman pasangan, atau kita ingin memberikan ilmu yang kita punya secara gratis, dll.

Nah itu tadi yang bisa penulis sampaikan, semoga bermanfaat dan penulis masih harus belajar menjadi manusia yang lebih baik ke depannya... aamiiin (mohon doa & supportnya 😃)

 

No comments:

Post a Comment

Jadikan kolom komentar sebagai ajang silaturrahim dan juga wadah kritik dan saran yang membangun.