Tuesday 5 February 2019

Review Piping Layout Drawing

Another job Piping Engineer adalah mengecek Piping Layout. Dokumen ini biasanya disiapkan oleh Piping Designer. Piping Layout adalah suatu dokumen drawing 2D yang menunjukkan area atau potongan tertentu yang menampilkan posisi equipment package, piping line, escape route, safety & handling equipment, ladder etc, yang dilihat dari atas maupun dari samping. 

Piping designer yang sudah punya jam terbang cukup tinggi sudah mengetahui kaidah bagaimana membuat piping layout yang baik dimana ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan, yaitu: safety concept, economical design dan easy access for operation & maintenance. 
Picture: Piping Layout Drawing

Lalu apa saja yang menjadi point pengecekan dari piping layout, berikut ini list yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pembaca:

1. Cek akses pengoperasian valve, seperti posisi lever atau handwheel ball valve apakah dapat dijangkau dengan baik. Untuk mengeceknya, perhatikan elevasi piping line terhadap deck atau access platform.

2. Cek Gap between piping and structural item, contohnya penetrasi piping line yang berdekatan dengan beam terlebih jika line tersebut ada insulation.

3. Cek apakah ada line number yang missing. Misalkan di salah satu sudut posisi "Above Main Deck" tidak dimuncul, padahal seharusnya muncul karena penampakan di posisi "Below Main Deck" line tersebut ke arah keluar deck.

4. Cek apakah masih ada temporary facility yang masih dimunculkan, karena seharusnya tidak ada di piping layout. 

5. Cek apakah ada akses untuk operator maintenance untuk mobilisasi dari package satu ke package yang lain, jangan sampai terhalang oleh piping line.

6. Cek update layout & size of equipment package sesuai GA dari Vendor.

7. Pastikan escape route bebas dari laydown area dan piping line. 

8. Cek penomoran piping line (piping class, size & service).

9. Kualitas drawing yang bisa dibaca dengan jelas.

10. Cek pengimplementasian dari hasil PDMS Review. 

Itulah 10 point yang diambil dari pengalaman pribadi dan juga beberapa comment dari Client. Mungkin ada dari para pembaca memiliki pendapat lain dan silahkan untuk di-sharing agar dapat bermanfaat ilmunya. Dan diharapkan pihak yang terlibat langsung dalam pembuatan dokumen ini dapat diminimalisir kesalahan sehingga akan berdampak positif pada schedule project yang telah ditetapkan. 


Terima kasih & Salam.


No comments:

Post a Comment

Jadikan kolom komentar sebagai ajang silaturrahim dan juga wadah kritik dan saran yang membangun.